try to be new and everything must be better :)

Jumat, 22 Juli 2011

lebih sakit jika menyakiti orang lain


bismillahhirrahmanirrahim..

                Dalam hidup tak jarang kita selalu dihadapkan pada banyak pilihan. Kita harus memilih satu dari semua pilihan yang ada. Bukan hal mudah pasti menentukan mana pilihan terbaik yang harus kita ambil. Akan banyak pertimbangan di sana sini. Pertimbangan dari segi manfaat dan mudhorot. Terlebih kita hanya manusia biasa, kita tak tahu apa-apa, bahkan kita tak tahu apa yang terbaik bagi kita, hanya ALLAH yang tahu mana yang terbaik bagi kita. Kita hanya bisa terus berikhtiar dan berdoa kepadaNya.
                Ketika kita sudah memilih satu pilihan kita masih harus memantapkan pilihan itu. Apalagi bisikan-bisikan syetan yang senang sekali menggoyahkan hati kita. Musti kudu istiqomah penuh. Kita sendiri juga tidak boleh terlalu egois untuk memilih suatu pilihan. Ada banyak orang di sekitar kita, pilihan yang kita ambil harus melihat keadaan orang di sekitar kita. Apakah dengan pilihan yang kita ambil itu, orang-orang di sekitar kita akan mendapatkan manfaat atau bahkan mudorot. Jangan sampai apa yang kita pilih bisa membuat orang lain merasa kecewa ataupun sedih. Tapi, itu pun bukan hal mudah. Setiap manusia itu berbeda, apa yang diinginkan setiap manusia pasti berbeda, makanya acap kali jika kita meminta suatu saran dari setiap orang, apa yang orang lain sarankan pasti berbeda dengan maksut dan keinginan kita. Tak jarang ujung-ujungnya hanya akan’berdebat’.
                Jika masing-masing orang keras kepala, perdebatan itu tak akan merujuk pada suatu kesepakatan. Sejak awal, mungkin kita hanya ingin berdiskusi, saling meminta saran satu sama lain, tapi tetap saja debat yang selalu menghiasi di setiap perbincangan. Jika apa yang diperbincangkan menyangkut maslah kita, pasti kita lah yang mnentukan keptusan akhirnya. Entah seperti apa saran dari orang lain yang telah diberikan. Keputusan akhir  kita sering kali tak sependapat dgn orang lain, bahkan bisa jadi malah membuat orang lain sedih dan kecewa. Kita sudah cukup sulit mengambil keputusan yang kita anggap begitu rumit, tapi ditambah keputusan itu ternyata membuat orang lain sakit, kita merasa ‘lebih sakit’.
                Membuat orang lain sakit menjadikan kita tak mudah menjalankan keputusan yang telah kita ambil. Rasa beban selalu ada. Beban dan ragu. Tapi, mau bagaimana lagi? Kita tak akan bisa menjelaskan secara detail apa maksut dan tjuan kita sbenarnya. Lagi-lagi.. apa yang tersimpan dalam hati tak akan pernah bisa terwakilkan oleh kata. Aku tak tahu, apa hanya aku yang mengalami seperti itu,krena itu sifat di dalam diri aku, atau memang semua orang juga merasakan hal yang sama. Entahlah, aku selalu saja tak bisa ‘sempurna’ menulis kata untuk mewakili apa yang tersimpan dalam hati.

1 komentar:

  1. tetap semangat menulis, ya, adekku ^^

    www.aniamaharani.blogspot.com

    BalasHapus

Laman

Cari Blog Ini